Kaliber Senjata Api

Istilah kaliber pada senjata api adalah diameter lubang pada laras senjata api (bore). Satuan kaliber adalah inci atau seperseratus inci (Amerika) dan milimeter (Inggris). Kaliber juga dapat diukur dari diameter amunisi (peluru) yang digunakan. Pada angkatan laut, kaliber menunjukkan perbadingan rasio antara panjang laras senjata dengan diameter lubang larasnya.


Kaliber pada senjata api genggam

Penulisan kaliber biasanya menggunakan cal. di belakang angkanya. Misal senjata dengan kaliber 0.22 inci ditulis .22 cal atau disebut "kaliber dua dua". Sedangkan yang menggunakan sistem metrik ditulis : kaliber 88 mm. Selain itu pada sistem metrik dikenal juga penyebutan kaliber dengan tanda "x". Misalnya 7.62x51 NATO, menunjukkan bahwa diameter amunisinya 7.62 mm yang disimpan dalam magazin (casing/cartridge) yang panjangnya 51 mm, Sedangkan kata NATO menunjukkan bahwa amunisi tersebut menggunakan standar NATO.


Kaliber pada senjata api jenis shotgun

Kaliber pada shotgun disebut gauge yang menunjukkan; dalam 1 pound (0.4536 kg) ada berapa banyak bola peluru yang diameternya sama dengan lubang laras. Misalnya shotgun 12-gauge, berarti dalam 1 pound berisi 12 bola peluru yang diameternya sama dengan lubang laras. Semakin besar angkanya maka semakin kecil diameter lubang larasnya.


Kaliber pada senjata berat

Misalnya kaliber meriam pada kapal perang adalah 16"/50, ini berarti diameter lubang laras adalah 16 inci dan panjang laras adalah 800 inci (didapat dari 16x50). Bisa juga ditulis 16"/L50.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar